PROSES OPERASI PENYULINGAN

Penyulingan adalah proses pemisahan komponen yang berupa cairan atau padatan dari dua macam campuran atau lebih dengan menggunakan prinsip perbedaan titik uapnya.  Pada penyulingan minyak atsiri proses penyulingan adalah suatu cara untuk mendapatkan minyak atsiri dari bahan yang mengandung minyak atsiri dengan cara melewatkan uap air panas melalui bahan baku yang mengandung minyak atsiri tersebut.  Minyak yang terdapat pada bahan akan menguap bersama-sama dengan uap air panas selama proses penyulingan.  Jumlah minyak yang menguap bersama-sama uap air panas selama penyulingan ditentukan oleh tiga faktor yaitu besarnya tekanan uap air panas yang digunakan, berat molekul masing-masing komponen dalam minyak dan kecepatan minyak  keluar dari bahan.

PERALATAN PENYULINGAN

1. KETEL SULING

Ketel suling adalah tempat bahan yang akan disuling.  Dalam ketel suling bahan berhubungan langsung dengan  uap air panas.  Ketel suling umumnya berbentuk silinder terbuat dari plat baja atau stainless steel.  Ketel suling dilengkapi dengan penutup yang dapat dibuka dan ditutup rapat.  Ukuran ketel suling bervariasi sesuai dengan kebutuhan, tetapi ukuran yang baik mempunyai perbandingan diameter dengan tinggi ketel biasanya 2 : 3.

Pada bagian bawah ketel dilengkapi dengan saringan penyangga bahan yang akan disuling sehingga di bagian bawah bahan masih terdapat rongga untuk penyebaran uap air panas agar dapat merata.

2. KONDENSOR

Kondensor adalah alat yang berupa bak atau tabung silinder  dan didalamnya ditempatkan pipa lurus atau berbentuk spiral yang berfungsi untuk mengembunkan uap air panas menjadi cair.

Pengembunan terjadi saat uap air panas melewati pipa spiral yang direndam dalam air dingin.  Selama melewati pipa spiral, uap air panas  memindahkan energy panas melalui pipa spiral ke air pendingin.  Pada saat terakhir meninggalkan pipa spiral, uap air panas sudah berubah menjadi cair yang relative dingin dan biasanya disebut destilat.

3. SEPARATOR

Separator adalah alat untuk menampung destilat yang keluar dari kondensor dan memisahkannya menjadi fraksi minyak dan fraksi air.  Prinsip pemisahan adalah menggunakan perbedaan bobot jenis antara air dan minyak.  Minyak yang bobot jenisnya lebih ringan dari air akan bergerak menuju bagian atas separator.  Minyak yang bobot jenisnya lebih berat dari air akan bergerak menuju bagian bawah separator.  Air yang  telah terpisah dengan minyak dikeluarkan secara kontinyu, sementara minyak dapat ditampung sementara atau dikeluarkan secara kontinyu juga.

PENYULINGAN NILAM

Pelaksanaan penyulingan nilam dimulai dengan pengeringan batang nilam basah, kemudian dirajang menjadi ukuran yang kecil dan relative seragam (sekitar 4 cm), selanjutnya dimasukkan ke dalam ketel suling.  Dalam ketel suling bahan dibuat sedikit padat agar rongga-rongganya seragam sehingga uap air panas dapat menyebar merata.  Setelah ketel terisi cukup penuh, kemudian tutup ketel dirapatkan dan dikencangkan dengan baut.  Selanjutnya uap air panas dialirkan dari bagian bawah ke dalam ketel dengan tekanan 0,5 bar pada satu jam pertama dan 1 bar lima jam berikutnya.  Uap air panas akan melewati bahan dari bawah ke atas, kemudian melewati kondensor untuk di embunkan dan menjadi cair kembali dan selanjutnya dipiashkan minyak dengan air dalam separator.  Proses pemyulingan nilam biasanya berlangsung selama 6 jam.

4 responses to “PROSES OPERASI PENYULINGAN

  1. Pak, bisa tahu harga alat suling nilamnya? tx

  2. Mohon konfirmasi apakah jenis mesin suling tsb bisa digunakan untuk jenis bunga mawar, melati dan sedap malam ? berapa harga mesinnya untuk kapasitas 100 kg? Terimakasih..

  3. yg kpaasitas 300kg brpan? trus jenis bahan dan merk’a, terus poto mesin scara keseluruhan d kirim. makasi sblumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s